Wednesday, July 16, 2008

16.07.08

Kenaikan - namun penuh dengan tekanan jual ! Pada perdagangan hari ini (rabu - 16 Juli 2008) indeks ditutup menguat 3,27 poin (naik dari 2.214,85 menjadi 2.218,13).




Kalau judgment saya benar mengenai posisi stochastic oscillator IHSG terakhir - yang sepertinya sudah menemukan landasannya , maka besok akan siap bergerak naik. Candlestick sudah normal masuk ke dalam Bollinger band
kembali . Selagi MACD IHSG masih cenderung bergerak turun, dapat terus diabaikan hingga terjadinya perkembangan yang membaik !



Bears lanjut menggunakan momentum berita-berita negatif luar negri untuk terus melakukan aksi tekanan jual. Setelah kemarin bursa saham global rontok berguguran akibat goncangan hebat mengenai berita kebangkrutan 2 perusahaan investasi raksasa USA , sentimen negatif yang masih melekat di benak pelaku pasar - efektif digunakannya untuk memainkan
(menekan) psikologi market.

Walhasil , SOBI dan BUMI tidak berhasil menunjukkan kinerja baik sebagaimana yang saya harapkan dari analisa yang telah saya lakukan pada malam sebelumnya - bahkan BUMI pun takluk akibat kuatnya tekanan jual yang pada akhirnya harus pasrah ditutup melemah 100 poin.

Ada satu penemuan sederhana yang tengah saya uji kini dimana bisa cukup membantu untuk mengetahui kemana kira-kira harga akan bergerak
(dan mengapa bergerak kesana) di setiap hari perdagangan bursa. Penemuan ini sedikit banyak bisa menjadi sebuah indikator sederhana yang cukup powerfull yang akan saya istilahkan : 'Lot analysis based on Supply & Demand Intraday'. Dengan mengambil hikmah dari filosofi AIR , semoga di waktu luang akan dapat saya posting secara khusus disertai dengan data pendukung dari emiten sebagai bahan studi kasusnya.

Fortunately, turunnya BUMI hari ini ti
dak disertai dengan memburuknya indikator-indikator penting. Kemungkinan perhatian & minat beli pelaku pasar sedang terpusat akan kehadiran Adaro - 'A New Born Baby' ;)




BUMI indicators:
-
Stochastic oscillator & slow : Favourable
- MACD : Less Favourable
-
RSI , DMS : Fair
-
Williams%R , ROC : Neutral
-
AD Line , Diviation rate , candlestick : Unfavourable

Target price terdekat 7.050


Selain MACD yang semakin menurun , tidak ada yang terlalu mengkhawatirkan dari SOBI. Coba beri kesempatan sekali lagi besok untuk menilai kinerjanya.




SOBI indicators:
-
Stochastic oscillator & slow : Favourable
- Williams%R : Fair
-
RSI , ROC , AD Line , Diviation rate , DMS : Neutral
-
MACD : Unfavourable

Target price terdekat 1.330


No comments:

 
Who links to me?