Friday, July 18, 2008

18.07.08

Bears masih memegang momentum ! Pada perdagangan hari ini (jumat - 18 Juli 2008) indeks kembali melanjutkan kejatuhan sebesar 26,58 poin (turun dari 2.167,71 menjadi 2.141,14).




Stochastic oscillator IHSG tidak berbohong dan masih efektif untuk diandalkan ! Golden cross yang sangat ditunggu-tunggu belum tercipta hari ini dan sepertinya baru senin depan (21.07.08) berpeluang besar untuk terjadi. Bentuknya yang melandai hari ini (belum menaik) kemungkinan besar di
karenakan masih diteruskannya aksi jual saham-saham tambang dengan hebat - namun dapat tertolong dengan aksi beli saham-saham perbankan dan property. MACD semakin menjorok ke bawah ! Posisi real body Candlestick IHSG masih menggantung diluar lower bollinger band. Saya masih percaya penuh kepada ke dua indikator ini (terutama stochastic oscillator , bollinger band) yang akan menjadi dasar argumentasi untuk bisa menjelaskan kenaikan indeks. Walaupun secara logika sederhana, mudah saja dipahami bahwa setelah terjadinya penurunan besar berturut-turut , kemudian akan disertai dengan kenaikan. Namun untuk lebih arifnya - bersikap hati-hati akan jauh lebih bijaksana. Berita buruk yang tak terduga bisa saja terjadi dimana pada akhirnya dapat membuat stochastic oscillator IHSG slip.




Bahkan jika kita coba kembangkan sebuah pemikiran yang 'nakal' - saat-saat kritis seperti sekarang ini adalah momentum yang sangat baik bagi pihak-pihak tertentu (Bears) untuk menekan harga saham tambang & CPO (atau IHSG ) semurah-murahnya (serendah-rendahnya) untuk mendapatkan great entry point. Tentu saja dibutuhkan great resources dan kelihaian tingkat tinggi , dan yang jauh lebih penting adalah keluasan networking serta keleluasaan akses informasi.

Hari ini banyak sekali saham-saham yang menarik untuk diamati , sebutlah : AALI , ASII , BUMI , BBCA , BMRI , INCO & ANTM. Sayangnya saya tak punya
cukup banyak energi untuk membahasnya. Malam ini hanya fokus kepada BBRI & YPAS.

Saya targetkan untuk profit taking 1 lot dahulu BBRI senin depan di harga 6.000 - 6.100 menimbang kenaikan berikutnya nya akan tertahan upper bollinger band. Dari layar Metastock , 4 indikator utama berpotensi kuat mendukung pencapaian : MACD , Stochastic oscillator , SMA 10 - EMA 30 serta Candlestick.




BBRI indicators:
-
Stochastic oscillator & slow , candlestick , Diviation rate , DMS , MACD : Favourable
- RSI , AD Line , ROC , Stochastic : Fair
- Williams%R : Less Favourable



Kondisi YPAS semakin baik , bahkan hari ini muncul sinyal BUY dari indikator MACD.




YPAS indicators:
-
Candlestick , AD Line , Diviation rate , DMS : Favourable
- RSI , Williams%R , ROC , MACD , Stochastic oscillator & slow : Fair


Target price : 560 - 570


Transaksi hari ini switching ASII (18.650 [07.04.08] -> minimum TP 24.850 [10.03.08] ke AALI (21.650) dengan jual BNII (beli 465 [02.06.08] , jual 470 [18.07.08].

Total fee jual-beli hari ini Rp. 51.555,-

No comments:

 
Who links to me?