Thursday, July 24, 2008

res cikal bakal bahan mengajar [Candlestick : reversal sign]

Secara tidak sengaja , saya temukan beberapa saham dengan candlestick menarik tadi malam (kamis - 24 Juli 2008). Kemudian selepas shalat subuh terketuk hati untuk meng-upload chart tersebut sebagai bahan untuk mengajar di kemudian hari.

2 saham dengan chart yang menarik : ANTM & PTBA dimana membentuk Bullish Engulfing. Sementara tambahan 3 saham lainnya adalah AALI , BUMI & LSIP , namun perlu mewaspadai kemungkinan terjadinya slip atas stochastic oscillator (dead cross).

3 External factors
juga berpotensi kuat menggagalkan efektivitas candlestick tersebut , mengingat Dow ditutup -2,43% , oil $ 125 (up), sementara Regional mayoritas open dengan minus > 1%.

Begitu pula halnya kondisi IHSG yang sedang baik pun - akan teruji pula hari ini. Apakah akan sanggup melanjutkan kenaikan atau paling tidak mampu lah bertahan sehingga dapat ditutup minus tipis.

Frankly speaking, tujuan posting ini akan menjadi jauh lebih baik jika hanya mengacu kepada indikator candlestick saja , namun untuk memperluas wacana dalam hal menambah bahan pertimbangan perluasan perspektif maka turut saya sisipkan pula indikator tambahan utama : Stochastic Oscillator dan MACD.

Prioritas kemungkinan terjadinya reversal hari ini (Jumat - 25 Juli 2008) :

1. ANTM - Bullish Engulfing



2. PTBA - Bullish Engulfing


3. AALI - Hammer



4. BUMI - Variasi Hammer



5. LSIP - Doji pada downtrend




Hasil penutupan bursa - jumat sore ini akan dijadikan faktor penentu berhasil / tidaknya candlestick tersebut memberikan indikasi reversal. Seandainya gagal pun dapat dimaklumi mengingat kondisi eksternal yang tidak kondusif.

=================================================================

[Update 30 Juli 2008]

Berdasarkan candlestick saat penutupan bursa tertanggal 25 hingga 29 Juli 2008 , maka
saya coba nyatakan bahwasanya keberhasilan daya prediksi candlestick dalam upaya mengindikasikan reversal signal terhadap sampel yang diamati - dapat disusun dengan skala prioritas sbb:

1. Variasi Hammer pada BUMI dimana Harga dapat naik sampai dengan 3 hari bursa berikutnya. (SUKSES)




2. Doji pada saat downtrend di LSIP dimana Harga dapat naik hanya sampai dengan 2 hari bursa. Namun pada hari bursa yang ke 3 harga jatuh dan White Candle yang terbentuk relatif lebih baik bila dibandingkan dengan black candle pada AALI. (Lumayan sukses)




3. Hammer pada AALI. Harga dapat naik sampai dengan 2 hari bursa ke depan , namun pada hari bursa yang ke 3, harga jatuh dengan membentuk black candle. (Lumayan sukses)





Bullish Engulfing pada PTBA & ANTM GAGAL (tidak berhasil) memberikan sinyal reversal.


Pada tanggal 26 Juli 2008 - PTBA sempat mengalami kenaikan harga yang lebih tinggi (13.550) dibandingkan saat penutupan harga dasar / patokan observasi (13.350) , namun gagal mempertahankan harga tersebut dimana pada akhirnya malahan ditutup melemah di harga 13.150.




Harga tertinggi yang mampu dicapai ANTM hanyalah 2.525 (hanya sanggup naik 25 poin) dimana membentuk double top dengan harga tertinggi observasi , suatu kinerja yang tidak mengesankan at all !



PENUTUP :

Secara teori semestinya bullish engulfing merupakan sinyal yang lebih dipercayai akan memberikan strong message terjadinya trend pembalikan arah. (From Bearish to Bullish - Most likely stocks will be going to UPTREND)

Namun inilah fenomena uniknya bursa saham , dimana tidak ada hal yang pasti !

Dan yang jauh lebih penting adalah 'saham' itu sendiri - seandainya saya turut masukkan INCO ke dalam saham yang saya amati , boleh jadi Bullish Engulfing yang terbentuk - cukup efektif memberikan sinyal reversal.


No comments:

 
Who links to me?