Wednesday, March 19, 2008

19.03.08

Lagi-lagi IHSG tidak memanfaatkan kondisi eksternal yang membaik untuk memulihkan kinerjanya. Disaat bursa USA dan regional mayoritas membiru, IHSG memerah. Betapa Mengecewakan !! Suatu Anomalikah ?? !! Atau indeks kita yang terlalu sensitif , seakan ingin mengindikasikan dunia bahwa pasar masih dalam bearish moment ?

Pada perdagangan hari ini (rabu - 19 maret 2008) indeks ditutup melemah 16,23 poin (turun dari 2.339,79 menjadi 2.323,57).

Pembukaan harga yang baik , banyak digunakan pemain untuk profit taking (mengingat ini adalah hari terakhir transaksi bursa di minggu ini - kamis & jumat libur nasional), sehingga menyebabkan perlambatan kenaikan indeks. Menjelang penutupan sesi I, keadaan mulai memburuk dan kian memburuk hingga penutupan sesi II. Tak disangka harga-harga saham mulai berjatuhan. Membuktikan ada masalah dalam internal market. Ketakutan yang berlebihankah?

Mengamati perkembangan harga saham selama 3 minggu terakhir , terlintas dalam benak, adanya segelintir pemain kuat yang bisa / sedang berupaya men-drive harga saham & arah IHSG. Jika melihat rata-rata nominal transaksi harian sebesar 5-6 trilyun rupiah di bursa Indonesia, paling tidak dengan minimal dana ratusan milyar sudah dapat membentuk harga.

Panic selling, akan mempercepat kejatuhan harga dan indeks. Apakah memang sedang ada skenario untuk menjatuhkan harga saham serendah-rendahnya , sehingga bagi pihak-pihak yang berkepentingan dapat memborong saham-saham bagus di harga yang fantastis murah? Dengan memanfaatkan momentum, bisa saja proyek abu-abu ini berhasil.

dan.....semakin kompleks dan rumitlah bursa efek Indonesia
'selamat datang di dunia kapitalis, dimana uang menghasilkan uang !!'

No comments:

 
Who links to me?