Friday, August 15, 2008

15.08.08

Williams%R slip ! Pada perdagangan hari ini (jumat - 15 Agustus 2008) indeks ditutup melemah 21,49 poin (turun dari 2.106,64 menjadi 2.085,15).




Slip nya Williams%R IHSG hari ini membuatnya kembali memasuki area oversold. Stochastic oscillator terlihat tidak bermasalah dan tetap melanjutkan kenaikannya. Candlestick terakhir yang membentuk Doji mensinyalir masih adanya tekanan bears yang kerap mengintai sewaktu-waktu sehingga kewaspadaan dalam trading tetap harus ditingkatkan namun demikian bulls dapat memberikan perlawanan yang cukup berarti sehingga indeks close (2.085,15) berdekatan dengan open
(2.086,76) (kekuatan yang hampir berimbang).




Ada satu pelajaran yang cukup berharga minggu ini dimana tidak stabilnya harga komoditas yang sedang cenderung menurun (CPO , minyak , timah , nikel) membuat emiten perkebunan (AALI , LSIP , UNSP , TBLA) dan pertambangan (BUMI , PTBA , ITMG , INDY, INCO , TINS , ANTM) mengalami gejolak harga yang luar biasa dimana naik turunnya harga bisa berselang-seling hanya dalam kisaran waktu satu hari ! Pandai-pandailah menyesuaikan strategi jika ingin mengendarai potensi gelombang harga ini (ride the wave).


Turunnya harga minyak hari ini dimanfaatkan dengan baik sekali oleh BBCA. Kembali candlestick nya membentuk Marobozu - Bullish Engulfing dan akan terjadi MACD Bullish signal line dalam waktu dekat. Akan berhasilkah BBCA menembus 3.200 selasa depan (19.08.08) sebagaimana yang pernah akan dicoba dua hari silam namun gagal dikarenakan kenaikan harga minyak? Ini merupakan salah satu fenomena unik dunia saham yang saya temui minggu ini - dimana indikator yang sudah sangat bagus dan sehat dapat berubah drastis menjadi penuh resiko hanya dikarenakan turun-naiknya harga minyak (belum lagi jika faktor inflasi turut serta mempengaruhi. Terlalu banyak variabel yang berperan kuat terhadap gerakan harga market)





BBCA indicators:
- Candlestick
: Favourable
- ROC , Diviation rate , Stochastic slow , RSI , stochastic oscillator : Fair
- MACD , DMS , AD Line : Neutral
-
Williams%R : Less Favourable


Begitu pula BBRI , candlestick membentuk
Marobozu - Bullish Engulfing. Stochastic oscillator mendukung kenaikan , namun juga perlu berhati-hati karena sudah memasuki overbought area.





BBRI indicators:
- Candlestick
: Favourable
- AD Line , ROC , RSI , stochastic oscillator : Fair
- MACD , , DMS : Neutral
-
Stochastic slow , Williams%R , Diviation rate: Less Favourable


Target price : 6.300 - 6.350


BMRI yang jelas-jelas kemarin less risk dibandingkan dengan BBRI dan BBCA malahan tidak berkinerja baik hari ini ! Satu bukti tak ada jaminan pasti dalam hal mengetahui gerakan harga yang akan datang (tomorrow / future price). Secara simple lot analysis - BMRI hari ini dihadang dengan cukup banyak lot ( > 6.000 lot pada harga offer sehingga membuat buyer akan berpikir matang mengenai layak tidaknya
melahap keseluruhan lot pada harga yang ditawarkan guna memancing domino efffect dari pembeli lainnya)





BMRI indicators:
- Stochastic slow , Williams%R , stochastic oscillator , RSI , ROC : Fair
- MACD , DMS , AD Line , Diviation rate : Neutral

Target price terdekat 3.000


TINS , INCO dan LSIP (saham berbasis komoditas) akan saya coba amati di waktu luang

Transaksi hari ini :
-
Main sesi-an PGAS , net profit Rp. 19.527,- (beli 2.250 , jual 2.300)
-
Main sesi-an TINS , net profit Rp. 19.466,- (beli 2.275 , jual 2.325)
-
Jual BBCA , net profit Rp. 80.345,- (beli 2.875 [26.05.08] , jual 3.050 [15.08.08]
-
Beli PGAS di 2.300 , average up = 2.286
- Beli TINS di 2.350 , average = 2.473

Ineffective Cost sebesar Rp. 152,-

Total fee jual-beli hari ini Rp. 20.000,-

No comments:

 
Who links to me?