Thursday, September 11, 2008

11.09.08

Upaya rebound diinterupsi oleh buruknya regional ! Pada perdagangan hari ini (kamis - 11 September 2008) indeks lagi-lagi ditutup melemah 14,91 poin (turun dari 1.958,75 menjadi 1.870,13).






Menggunakan data alternatif terbaca Stochastic oscillator & williams%R bergerak mendatar di dalam area oversold. MACD turun semakin tajam. Candlestick yang membentuk 'Spinning top'* masih diluar lower bollinger band. Tidak kondusifnya kondisi regional cenderung membawa indeks untuk bergerak turun , sekalipun secara teknikal jika dalam kondisi normal semestinya sudah terjadi reversal. Oleh karena itu tindakan berhati-hati sebaiknya tetap perlu dilakukan.




sedikit wawasan tentang spinning top :

* If a Black Spinning Top is observed after a long decline or a long black candlestick, this implies weakness among the bears and it is a warning about a potential change or interruption in trend.

Like most other single candlestick patterns, the Black Spinning Top has low reliability. It reflects only one day's trading and can be interpreted both as a continuation and a reversal pattern. This pattern must be used with other candlesticks for a better and healthier confirmation of a trend.

source : http://www.candlesticker.com/Cs06.asp




INKP tidak mengalami progres yang baik hari ini. Namun demikian beberapa indikator masih lumayan untuk mendukung kenaikan. Candlestick 'Doji' yang terbentuk hari ini bisa diartikan kekuatan Bulls (minat / daya beli) yang dapat ditahan & mulai diimbangi oleh Bears (tekanan jual).




INKP indicators:
-
Stochastic oscillator , Williams%R , Diviation rate : Fair
-
DMS , Stochastic slow , RSI , ROC : Neutral
- AD Line : Unfavourable

Target price terdekat 1.620.



BUMI mulai berupaya untuk bergerak naik !



BUMI indicators:
-
ROC , AD Line , Diviation rate: Fair
- Stochastic oscillator & slow , Williams%R , DMS , RSI : Neutral

Target price terdekat 3.850.



Hari ini perbankan dilanda tekanan jual , tak terkecuali BMRI yang ikut terpuruk dan dapat bangkit setelah menyentuh support kuatnya di 2.575. Sekalipun sebagian real body candlestick BMRI masih berada di luar lower bollinger band , namun resikonya mulai meningkat.



Risk Profile : MEDIUM

BMRI indicators:
- AD Line , Stochastic oscillator & slow : Neutral
-
Williams%R : Less Favourable
-
DMS , RSI , ROC , Diviation rate : Unfavourable



Transaksi hari ini dan besok fokus untuk pengambilan keputusan menjual rugi (switch) saham akibat pembelian BBRI (2 hari yang lalu) & INCO (kemarin) dengan menggunakan marjin.
Keputusan hari ini :
- Jual CPIN di 850 (modal 870 [21.07.08]
- Jual BMRI di 2.600 (modal 2.900 [11.08.08] -> switch dengan INCO
sisa marjin besok yang masih harus dilunasi Rp. 1.627.190,-
(Menimbang untuk menjual INKP / ADMF / ENRG)



Ineffective Cost sebesar Rp. 14.997,-

Total fee jual-beli hari ini Rp. 20.000,-

No comments:

 
Who links to me?