Thursday, September 25, 2008

25.09.08

Kisah klasik - buruknya Dow & mayoritas regional seperti biasa turut memberi imbas negatif kepada IHSG ! Pada perdagangan hari ini (kamis - 25 september 2008) indeks ditutup melemah 13,49 poin (turun dari 1.883,55 menjadi 1.870,06).




Menggunakan data alternatif Bumianyar teridentifikasi bahwasanya sejak senin lalu IHSG tengah memasuki fase / momen koreksi dimana terlihat stochastic oscillator yang mulai bergerak ke bawah , keluar dari area overbought ! wow.....what an information (informasi berharga yang terlewatkan begitu saja dengan sia-sia. Ternyata masing-masing data , baik Yungdarius maupun Bumianyar memiliki kelebihan tersendiri) ! Menariknya adalah williams%R belum memasuki overbought area dan bahkan terlihat sedang berupaya naik , sehingga terjadinya MACD Bullish Signal Line kemarin tak lain hanyalah sebagai upaya indeks untuk menahan kejatuhan yang lebih dalam....hmm.....interesting enough , then ! Jadi , jika mencoba mengacu kepada data bumianyar , maka saat ini sedang terjadi perseteruan 2 indikator utama (williams%R bersama MACD) yang akan berusaha menahan kejatuhan - serta berupaya untuk mengangkat indeks , sementara 1 indikator utama lainnya (stochastic oscillator) yang akan aktif memainkan perannya untuk menurunkan IHSG ! Semakin seru dan menarik rupanya perjalanan indeks pada sisa 2 hari bursa ke depan. Tak heranlah kemudian mengapa hampir seminggu ini indeks hanya bergerak dalam kisaran (5-20-50 poin). Terjawablah sebab , mengapa faktor eksternal (dow & regional) memiliki peran yang cukup signifikan dalam mempengaruhi perkembangan pergerakan IHSG minggu-minggu ini !!




Sayang sekali BBRI tidak dapat mempertahankan kinerja indikatornya hari ini. Setelah dapat mencapai target price terdekatnya di 5.800 dan hampir berada dalam teritori positif sepanjang hari , namun pada akhirnya BBRI pun harus tunduk menuruti jatuhnya IHSG. Pada penutupan sore ini terjadi perkembangan yang buruk terhadap beberapa indikatornya , sehingga tingkat resiko yang dikandungnya pun kian meningkat ! Hopefully , segera terjadinya golden cross SMA 5 dengan SMA 20 dapat memberikan katalis positif terhadap perkembangan BBRI esok.




Risk Profile : HIGH

BBRI indicators :
-
ROC , DMS : Fair
-
RSI , MACD : Neutral
- Stochastic slow , Williams%R , AD Line , Diviation rate : Unfavourable


Target price terdekat 5.700.



Transaksi hari ini :
-
Jual BBRI , net profit Rp. 61.582,- (beli 5.500 [24.09.08] , jual 5.650 [25.09.08]
-
Main sesi-an BBRI , net profit Rp. 11.487,- (beli 5.600 , jual 5.650)
- Beli ELTY di 235
- Beli BBRI di 5.600

Total fee jual-beli hari ini Rp. 27.249,-

No comments:

 
Who links to me?