Tuesday, December 16, 2008

16.12.08

Williams%R IHSG slip ! Pada perdagangan hari ini (selasa - 16 desember 2008) indeks ditutup melemah 16,44 poin (turun dari 1.359,28 menjadi 1.342,84).





Setelah mengalami kenaikan yang sangat tinggi kemarin -
hari ini IHSG tidak terstimulasi untuk melanjutkan kenaikannya ,di saat mayoritas regional dapat berangsur-angsur membaik bahkan cukup banyak yang ditutup di area positif.



Membaca kondisi terakhir IHSG pada penutupan sore ini tidaklah mudah karena siklus yang sedang terjadi terkesan tidak berlangsung normal. Hal ini disebabkan karena adanya peristiwa / berita penting yang tengah terjadi dimana begitu sensitifnya disikapi oleh para pelaku pasar. Stochastic oscillator
IHSG yang terinterupsi sejak kemarin masih juga bergerak mendatar dan kini ada tendensi untuk bergerak naik kembali menyentuh / memasuki overbought area. Williams%R akhirnya slip dan memang seyogianyalah demikian - dimana perlu turun barang sesaat menimbang posisinya yang sudah sedemikian tingginya dalam area jenuh beli. Yang tak kalah menarik perhatian adalah kondisi MACD IHSG yang terlihat semakin membaik - konsekuensi positif yang ditimbulkannya , pada gilirannya membuat posisi candlestick seakan dapat dipacu menelusuri upper bollinger band sehingga pada satu sisi secara tidak langsung memberikan tekanan secara halus dengan tujuan membuka space ke atas guna memberikan ruang kenaikan indeks yang jauh lebih luas ! Serasa sulit untuk diyakini stochastic oscillator dan williams%R akan berbalik arah kembali pada area overbought ! Namun begitulah market dengan segala misteri , kebebasan kehendak serta keangkuhan kuasa yang melingkupinya. In the end , semuanya kembali kepada tipikal khas masing-masing para pelaku pasar dalam memutuskan seberapa jauh toleransi yang diberikan terhadap resiko , Risk taker akan berani ambil posisi dengan meyakini bahwa ke dua indikator utama tersebut akan pointing up , sementara risk avoider cenderung untuk wait and see....meanwhile just keep watching !









Slip nya williams%R ASII membuatnya tak sanggup melewati garis proyeksi ungu 1. Stochastic oscillator telihat kembali meluncur turun dan belum menyentuh oversold area. Level 10.050 akan menjadi support 1 besok.










Risk Profile : MEDIUM

ASII indicators:
- MACD :
Fair
- ROC : Less Favourable
-
Williams%R , RSI , AD Line , Diviation rate , DMS , Stochastic slow & oscillator : Unfavourable



Transaksi hari ini cut loss ASII di 10.250 (beli 10.450 [151208] karena dalam keraguan menyikapi arah perkembangan market.


Ineffective cost Rp. 5.137,-

Total fee jual-beli hari ini Rp. 20.000,-


No comments:

 
Who links to me?