Monday, February 11, 2008

11.02.08

Luar biasa.....betapa dahsyatnya tekanan harga yang terjadi , efek negatif dari masih kuatnya para pemain asing di pasar modal Indonesia......., pelajaran hari ini (senin - 11 februari 2008) IHSG masuk ke dalam SIAGA I. Praktek kehati-hatian harus mulai diterapkan! Volatilitas pasar sudah tidak bisa ditawar. Indeks melemah 49,71 poin (dari 2.639,09 menjadi 2.589,38).

kira-kira seminggu yang lalu, saya sudah menyiapkan beberapa langkah antisipasi guna menghindari kerugian yang jauh lebih besar sebagai akibat kekejaman pasar ;) (kondisi market yang teramat volatil).

Poin I, bila anda alokasikan dana sebesar , misalkan 20 juta untuk trading saham, maka ada baiknya anda siapkan pula 40 juta lainnya sebagai dana cadangan yang akan siap dipakai sewaktu-waktu jika terjadi pasar - terjun bebas (external factor effects) :) . Jadi total modal untuk trading seluruhnya sebesar : 20 + 40 = 60 juta. Memang, terkesan 40 juta yang akan difungsikan sebagai cadangan untuk antisipasi manakala pasar drop secara drastis, kurang efektif (tidak produktif). Tetapi ketahuilah, akan datang saatnya dimana dana cadangan itu akan membantu aktivitas trading kita tetap berkelanjutan tanpa harus mengorbankan portofolio yang sudah anda anggap optimal. Misalkan, IHSG merosot kembali ke level 2.200, maka itu adalah saat untuk menggunakan 20 juta cadangan pertama. Sementara dana cadangan 20 juta yang terakhir, bisa dipakai dalam worst case scenario, anggap IHSG terjun bebas ke 1.900. Janganlah lupa kemudian, setelah keadaan berangsur-angsur normal (IHSG back on track), kembalikanlah lagi peruntukan dana 40 juta yang terpakai tadi sebagai cadangan, sehingga anda berdisiplin untuk trading dengan dana 20 juta sebagaimana semula ;)

Poin II, Dalam range 1 bulan, jika anda sudah mencapai target return tertentu misalkan 1-2 juta, realisasikan untung tersebut dan pertahankan ia dalam cash anda. Atau Bisa juga segera ditransfer / dipindahbukukan ke rekening tabungan anda. Sehingga ini bisa dikatakan pendapatan real dari suksesnya aktivitas trading yang telah anda lakukan.


Saya yakin turunnya indeks hari ini lebih disebabkan oleh external factor dan fenomena ini juga memberikan sinyal peringatan kuat agar prepare for the worst.

Sempat juga tadi tergoda untukmembeli beberapa saham yang lagi discount (AALI, TINS) - bahkan terlintas niat untuk kembali melakukan sebuah manuver terhadap komposisi portofolio! namun demi mengusung praktek kehati-hatian , saya masih bisa dan sanggup menahan diri ;p
Yah sepertinya minggu ini saya harus wait and see ......sebelum memikirkan perlu tidaknya melakukan inject 20 juta dana cadangan pertama ;)

No comments:

 
Who links to me?