Wednesday, February 13, 2008

13.02.08

Ada fenomena menarik yang saya temukan pada perdagangan hari ini (rabu - 13 februari 2008). Meskipun indeks meningkat 18,71 poin (naik dari 2.592,07 menjadi 2.610,78) namun banyak terjadi koreksi harga pada beberapa saham favorit seperti : ITMG, AALI, TINS, UNTR, LSIP, INCO.

Penjelasan apakah yang sekiranya bisa kita terima (cukup rasional) yang dapat menjelaskan fenomena ini? Aksi profit taking kah? Apakah masih kuatnya pengaruh pemain asing (foreigner) di pasar modal kita ? Ataukah sebuah upaya mengimplementasikan strategi optimalisasi portofolio dengan cara mendekatkan nilai average -dengan harga saham di saat mencapai titik / harga terendah? Apa mungkin disebabkan oleh kelesuan pasar akibat dampak resesi global yang tengah menghantui pertumbuhan ekonomi dunia sehingga mengakibatkan banyak investor lebih memilih untuk mengambil sikap wait and see?

Selalu banyak jawaban dalam upaya memahami terbentuknya harga pasar. Apalagi jika harga yang terbentuk itu mencipta anomali ! Umumnya ada 3 pendekatan yang bisa dijadikan pegangan / pendekatan, yaitu Pendekatan : Teknis, Fundamental & Market Behavior !

Koreksi yang cukup dalam hari ini terjadi pada sektor agribisnis dimana menelan korban AALI dan LSIP ;)

Kondisi bursa belakangan ini kerap dipenuhi nuansa 'ketidakpastian' global , unfortunately -uncertainty- merupakan suatu momok yang cukup disegani bagi para investor untuk mengambil keputusan ;)


No comments:

 
Who links to me?